Tuesday, September 1, 2015

MANFAAT IKAN TONGKOL BAGI KESEHATAN


Tongkol adalah jenis ikan air laut yang paling sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket, di banding dengan jenis-jenis ikan laut lainnya ikan tongkol lebih di gemari karena memiliki sedikit duri dan berharga lebih murah. Ikan tongkol juga sangat mudah untuk di masak dan diolah menjadi berbagai macam masakan seperti abon ikan tongkol, tongkol asam manis, bakso tongkol, tongkol goreng dan masih banyak lagi.

Ikan yang sering di juluki little tuna ini adalah ikan laut yang tergolong dalam suku Scombride. Ikan ini hidup dan berkembang biak di daerah laut dangkal pesisir indo-Pasifik Barat. Di Indonesia sendiri tongol menjadi tangkapan yang sangat penting bagi nelayan. Baca Juga manfaat ikan tuna

Seperti hanya ikan dan binatang laut lainnya ikan tongkol kaya akan Omega 3 dan Protein yang baik untuk perkembangan dan pertumbuan otak anak. Nilai gizinya yang tinggi bagi kesehatan memang bukan menjadi rahasia lagi. Bagi bayi yang masih mencoba mengunyah makanan padat menambahkan ikan tongkol rebus yang di lumatkan bisa membantu dalam merangsang pembentukan gigi dan tulang, perkembangan otak dan menjaga daya tahan tubuh pada bayi tersebut.

Dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, kira-kira apa sajakah manfaat ikan tongkol bagi kesehatan.

1. Manjaga Mata Tetap Sehat.

MedicineAge-related Macular Diesase (AMD) adalah penyakit mata yang terjadi akibat proses penuaan. Dengan mengkonsumsi ikan yang mengandung Omega 3 seperti tongkol/cakalang dapat mengurangi resiko tersererang AMD.

2.Menguragngi Resiko Anmmia.

Anemia adalah penyakit yang di akibatkan karena tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga tubuh akan lebih mudah lelah dan lebih mudah terserang penyakit. Dengan mengkonsumsi tongkol akan sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah, namun tongkol yang di konsumsi harus di proses dengan cara di rebus dan air rebusannya juga harus di minum. Jika kita mengolah tongkol dengan cara di goreng maka beberapa protein yang terkandung dalam tongkol tersebut akan rusak.

3.Menghaluskan Kulit.

Bagai wanita, kulit yang kusam dan kasar adalah sebuah bencana, namun sekarang sudah ada obat alami yang dapat menghaluskan kulit kita tanpa resiko dan tanpa obat, benar! Yaitu dengan tongkol. Rebus kulit ikan tongkol dengan menambahkan batang serai, kayu manis, dan garam secukupnya. Setelah mendidih makan tongkol dengan air rebusannya dalam konsisi hangat. Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin, maka kulit kita akan menjadi halus dengan sendirinya.

4.Meningkatkan stamina.

Jika anda kurang stamina dan kurang produktif mungkin mengkonsumsi ikan tongkol bisa menjadi pilihan anda. Caranya rebus daging dan kepala ikan tongkol masukan 3 lembar daun jeruk purut dan garam secukupnya, dengan mengkonsumsi ramuan tersebut setidaknya 1-2 kali seminggu maka akan meningkatkan stamina dan produktifitas anda.

Itu dia beberapa manfaat yang terkandung dalam ikan tongkol semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment